Profil T. Lingkungan

VISI

Pada tahun 2026 Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bhayangkara Jakarta menjadi Program studi unggulan di tingkat nasional, di bidang pembangunan dan teknologi berkelanjutan, yang berwawasan kebangsaan, berbasis sekuriti.

MISI

Menyelenggarakan fungsi kelembagaan perguruan Tingi dengan wawasan ke depan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi adab dan kesopanan sehingga tercipta sumber daya manusia yang cinta lingkungan bermutu dan dapat bersaing di dunia kerja, di antaranya dengan cara:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang teknologi Lingkungan dan sistem serta ilmu-ilmu penunjang pencapaian kompetensi lulusan teknik Lingkungan.
  2. Mendorong terciptanya sarjana dan atau akademisi dengan pola pikir ilmiah yang mendukung peningkatan pengetahuan mahasiswa dan dosen serta staf jurusan teknik lingkungan.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang proses dan perancangan pengelolaan lingkungan yang berkesinambungan serta bidang ilmu terkait lainnya.
  4. Menyelenggarakan sistem pembinaan administrasi akademik dan pengawasan proses belajar mengajar pada jurusan teknik lingkungan.
  5. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta melaksakan kerjasama dengan pihak pengguna alumni teknik lingkungan dalam rangka peningkatan mutu dan kompetensi lulusan teknik lingkungan.

TUJUAN

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Lingkungan adalah menghasilkan sarjana yang memiliki kapabilitas untuk:

  1. Menguasai teori dasar ilmiah dan ilmu-ilmu terapan yang relevan di bidang Teknik Lingkungan, agar mampu mengidentifikasi, menelaah, melakukan analisis demi menerapkan solusi-solusi tepat untuk isu-isu di lingkungan.
  2. Melaksanakan pendidikan secara profesional dalam ilmu dan teknologi di bidang Teknik Lingkungan melalui sistem pendidikan yang terencana, terintegrasi, dinamis dan fleksibel demi menghasilkan sumber daya manusia yang ahli, berwawasan kebangsaan, terampil, mandiri, siap dan mampu menghadapi perubahan-perubahan di bidang Teknik Lingkungan.
  3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknik Lingkungan dalam bentuk kegiatan yang berorientasi pada masyarakat dan peningkatan kualitas lingkungan, dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma kehidupan Bersama.
  4. Mampu mengikuti ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa berkembang di bidang Teknik Lingkungan
  5. Dapat mencerminkan institusi dan membantu profesionalisme POLRI dalam penanganan, penyelidikan, dan pertahanan di bidang ketahanan lingkungan di Indonesia.

Ketua Program Studi

HAUDI HASAYA, S.T., M.T.
Kaprodi

NIDN : 0322038803

PDDIKTI

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
PENGETAHUAN
P1 Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan rekayasa lingkungan serta sistem pengelolaan lingkungan.
P2 Menguasai prinsip dan teknik perancangan teknik lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi.
P3 Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum.
P4 Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
KETERAMPILAN UMUM
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8 Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETERAMPILAN KHUSUS
KK1 Lulusan Ilmu atau Teknik Lingkungan memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan lingkungan minimal pada satu aspek berikut: proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya (hazardous environment), proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, pemulihan lingkungan.
KK2 Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan.
KK3 Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan.
KK4 Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan yang kompleks.
KK5 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa lingkungan yang kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.
KK6 Mampu merancang sistem, dan proses yang diperlukan untuk upaya pengelolaan lingkungan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.
KK7 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa lingkungan berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa dalam upaya penanganan masalah pengelolaan lingkungan.