Petroleum Festival 2024 di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya: Meningkatkan Kompetisi dan Solidaritas di Kalangan Mahasiswa dan Pelajar

 

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 24 Mei 2024 – Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara) dengan bangga menyelenggarakan Petroleum Festival 2024. Acara yang dihelat pada tanggal 24 Mei 2024 ini, menggabungkan semangat olahraga, kepedulian sosial, dan dukungan terhadap usaha kecil menengah (UKM) dalam satu rangkaian kegiatan yang meriah dan penuh antusiasme. Acara ini terdiri dari tiga kegiatan utama: Kompetisi Futsal SMA sederajat, Donor Darah, dan Festival UKM.

Pembukaan Acara yang Meriah

Acara pembukaan Petroleum Festival 2024 dilaksanakan di Lapangan Futsal Kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan beberapa area sekitarnya. Pembukaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat kampus, di antaranya Kepala Biro Kemahasiswaan, Ibu Mira Sekar Arumi, S.Psi., M.Psi., Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Bapak Rifki Muhendra, S.Si., M.Si., dan Kaprodi Teknik Perminyakan, Bapak Eko Prasetyo, ST., MT. Tak ketinggalan, dari Asosiasi Futsal Kota Bekasi hadir Bapak H. Heri Koswara, MA, yang memberikan dukungan penuh terhadap acara ini.

Foto: Penyerahan sertifikat penghargaan kepada Panitia Petroleum Festival dari Asosiasi Futsal Kota Bekasi di saksikan Jajaran Rektorat, Dekanat dan Program Studi Teknik Perminyakan dan Peserta kompetisi Futsal

Seremoni pembukaan ditandai dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada panitia acara dari Bapak H. Heri Koswara, MA, selaku perwakilan Asosiasi Futsal Kota Bekasi. Selain itu, acara pembukaan juga ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Bapak H. Heri Koswara di lapangan futsal sebagai simbolis dimulainya kompetisi futsal. Acara ini dihadiri oleh para peserta kompetisi futsal dan mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, menciptakan atmosfer yang semarak dan penuh semangat.

Kompetisi futsal pada Petroleum Festival 2024 ini menjadi magnet utama yang menarik perhatian banyak pihak. Peserta kompetisi futsal berasal dari berbagai SMA/SMK di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Bapak Rifki Muhendra (Wadek III Fakultas Teknik Ubhara) menyampaikan bahwa acara ini tidak hanya meningkatkan kompetisi di daerah Bekasi dan sekitarnya, tetapi juga memperluas pengenalan kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, khususnya Fakultas Teknik yang terdiri dari program studi Teknik Perminyakan, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kimia.

Ajang kompetisi futsal ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Asosiasi Futsal Kota Bekasi. Bapak H. Heri Koswara menjelaskan bahwa kegiatan ini membantu lembaganya dalam menyemarakkan kompetisi futsal di Kota Bekasi dan sekaligus mencari bibit-bibit pemain futsal masa depan untuk Kota Bekasi dan Indonesia. “Kompetisi ini menjadi wadah penting bagi para pelajar untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam bidang olahraga futsal. Kami berharap, dari ajang ini, akan lahir talenta-talenta futsal yang dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” ujar Bapak H. Heri Koswara.

Foto: para peserta kompetisi Futsal Petroleum Festival 2024

Donor Darah dan Festival UKM

Selain kompetisi futsal, kegiatan Donor Darah dan Festival UKM juga turut menyemarakkan Petroleum Festival 2024. Kegiatan Donor Darah diselenggarakan bekerja sama dengan PMI Kota Bekasi, dan berhasil menarik minat banyak peserta untuk mendonorkan darah mereka. Aksi sosial ini menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama dan pentingnya berbagi dalam membantu sesama.

Foto: Donor darah Petroleum Festival 2024

Sementara itu, Festival UKM diadakan dengan menggandeng UKM-UKM yang berada di sekitar kampus Universitas Bhayangkara. Festival ini menjadi ajang bagi para pelaku UKM untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka, sekaligus memperkenalkan keberagaman produk lokal kepada para pengunjung. Berbagai stan UKM yang menjajakan produk makanan, kerajinan tangan, dan produk kreatif lainnya menambah semaraknya acara, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk berbelanja dan mendukung produk lokal.

Foto : Salah Satu Stand Makanan Sehat UKM Petroleum Festival 2024

Kesuksesan Petroleum Festival 2024 ini tidak terlepas dari kerja keras panitia yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan. Mereka telah mempersiapkan acara ini dengan matang dan penuh dedikasi. Mulai dari koordinasi dengan pihak kampus, Asosiasi Futsal Kota Bekasi, PMI Kota Bekasi, hingga pelaku UKM, semuanya dilakukan dengan penuh komitmen untuk menyukseskan acara.

“Kami sangat bangga dengan kerja keras dan dedikasi teman-teman panitia. Semua persiapan dilakukan dengan sangat baik, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan di masa mendatang dan semakin memperkuat kebersamaan serta solidaritas di antara mahasiswa,” ujar Ketua Panitia Petroleum Festival 2024.

Dampak Positif untuk Universitas dan Masyarakat

Petroleum Festival 2024 tidak hanya memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan pelajar yang terlibat dalam kompetisi futsal, tetapi juga bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini membuka peluang bagi UKM lokal untuk memperkenalkan produk mereka, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah. Selain itu, acara ini juga mempererat hubungan antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan komunitas lokal dan berbagai pihak terkait, termasuk Asosiasi Futsal Kota Bekasi dan PMI Kota Bekasi.

Dalam penutupannya, Bapak Rifki Muhendra menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang terus ditingkatkan. “Kami berharap, Petroleum Festival ini bisa menjadi acara tahunan yang semakin besar dan bermanfaat bagi semua pihak. Ini adalah langkah kecil untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” tuturnya.

Foto: Bapak Rifki Muhendra (Wadek III FT Ubhara) foto bersama Panitia Acara Petroleum Festival 2024

Leave a Reply