PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, “Pelatihan Pembuatan Laporan Digital pada PKK Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi”

PKM-Mustika Jaya-1 PKM-Mustika Jaya-2

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK memiliki 10 (sepuluh) program pokok yaitu; Penghayatan dan pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. PKK Kecamatan Mustika Jaya kota Bekasi merupakan unit PKK yang melaksanakan program-program tersebut.

Dalam menjalankan program kerjanya PKK Kecamatan Mustika Jaya mendapatkan anggaran dari APBD yang harus dipertanggungjawabkan penggunaannya. Sebagai bentuk pertanggungjawaban program yang dilaksanakan, unit PKK Kecamatam Mustika Jaya harus membuat laporan, baik laporan kegiatan maupun laporan keuangan. Selama ini pelaporan dibuat dengan bantuan komputer, namun sering terkendala oleh beberapa hal diantaranya, virus komputer, dan rusaknya media penyimpanan data. Kendala tersebut disebabkan oleh faktor kurangnya pengetahuan, kepedulian dan kesadaran akan penanganan dokumen digital.

Berdasarkan kondisi tersebut diatas, dikaitkan juga dengan kewajiban  dan kepedulian dosen kepada permasalahan yang terjadi di masyarakat, maka dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya membuat program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk memberikan Pelatihan Pembuatan Laporan Digital kepada PKK Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan keadaran dalam penanganan dokumen digital yang relatif aman, baik aman dari gangguan virus maupun rusaknya media penyimpanan data.

Beberapa dosen yang hadir untuk memberikan pelatihan adalah Allan D Alexander, ST., M.Kom., Ratna Salkiawati, ST., M.Kom., Dwi Swasono R, ST., MMSI., Susi Rianti, S.Kom., M.M., dan Elvi Kustiyah, ST., M.T. Kegiatan yang dilakukan adalah melatih ketrampilan ibu-ibu Penggerak Kader PKK Kecamatan Mustika Jaya yang yang mencangkup 4 kelurahan yaitu : Kelurahan Mustika Jaya, Kelurahan Mustika Sari, Kelurahan Padurenan, dan Kelurahan Cimuning dalam penggunaan aplikasi Ms. Office dan meningkatkan pemahaman keahlian dibidang teknologi informasi yang dapat digunakan dalam membuat laporan kegiatan PKK.

Pelatihan dilakukan pada tanggal 12 Januari 2018 di Aula Kelurahan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Dengan Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ibu-ibu Penggerak Kader PKK di bidang aplikasi microsoft office dan memberikan pemahaman dasar mengenai teknologi informasi. Pelatihan ini juga diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sejalan dengan upaya membangun sumber daya manusia di wilayah Kota Bekasi.